rss_feed

Desa Lakawali Pantai

Jalan Bunga Pute Dusun Ladoping
Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan
Kode Pos 92981

call 082255034411| mail_outline admin@lakawalipantai.desa.id

Selamat Datang Di Website Resmi Desa Lakawali Pantai Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan
fingerprint
Marhaban ya Ramadhan 1442 H - 2021 M

date_range 12 Apr 2021 19:09:46 favorite 20 Kali

SAMBUTAN

BUPATI LUWU TIMUR

PADA ACARA TARAWIH PERDANA

MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

TAHUN 1442 H/2021 M.

SENIN, 01 RAMADHAN 1442 H/12 APRIL 2021 M.

Bismillahirahmanirahim;

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Hamdan syakirin, hamdan na’imin, hamdan yuawafi ni’mahu wayukafiu mazidah, ya robbana lakal hamdu, kama yambighili jalali wajhikal karimi wa adzimi sulthonik. Allahumma sholli ala Muhammad wa alihi Muhammad.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah, bulan suci Ramadhan.

Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada suri tauladan umat manusia, Baginda Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya yang mulia. Semoga kita semua tetap istiqomah menjadi pengikutnya dan kelak mendapat syafaat-nya diakhir zaman.

Syukur Alhamdulillah, pada malam yang berbahagia ini, kita semua kembali dipertemukan oleh Allah SWT dalam bulan yang mulia, bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan, bulan suci Ramadhan. Untuk itu, kami atas nama Pemerintah  Kabupaten Luwu Timur menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan. Semoga segala amal kebaikan dan amaliyah ibadah kita semua lakukan dibulan mulia ini, bernilai ibadah disisi Allah SWT, sehingga kita termasuk orang-orang yang mencapai derajat  muttaqin, amin ya rabbal alamin.

Kaum muslimin dan muslimat Jama’ah tarwih yang sama berbahagia,

Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpidato di hadapan para sahabatnya, mengingatkan keutamaan bulan ramadhan. Beliau mengatakan " Wahai manusia, sungguh bulan agung dan penuh berkah telah menaungi kalian. Bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Pada bulan itu, Allah menjadikan puasa sebagai suatu kewajiban dan qiyam atau shalat di malam harinya sebagai ibadah sunnah. Siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebajikan, maka nilainya sama dengan mengerjakan kewajiban di bulan lain. Siapa yang mengerjakan suatu kewajiban dalam bulan Ramadhan, maka sama dengan menjalankan tujuh puluh kewajiban di bulan lain.”

Ramadhan itu adalah bulan kesabaran; sedangkan ketabahan dan kesabaran, balasannya adalah surga. Ramadhan adalah bulan pertolongan. Pada bulan itu rezeki orang-orang mukmin ditambah. Siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa di bulan itu, maka ia akan diampuni dosanya, dibebaskan dari api neraka. Orang itu memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Sedangkan pahala puasa bagi orang yang melakukannya, tidak berkurang sedikit pun.”

Memaknai pidato Rasulullah Muhammad SAW ini, mengingatkan kita bahwa setiap jengkal kehidupan, merupakan wujud dari ibadah. Kepasrahan dan keikhlasan kita melaksanakan ibadah puasa  dan ibadah-ibadah lainnya dibulan penuh rahmat ini akan diganjar Allah SWT dengan mengangkat derajat kita dan membebaskan kita dari siksa api neraka.

Ramadhan mendidik kita semua agar mampu mengendalikan hawa nafsu dari perbuatan dan perkataan yang merusak jati diri kemanusiaan, sekaligus mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga rasa persatuan, ukhuwah dan kebersamaan serta berempati merasakan penderitaan dan kesulitan orang lain.

Kaum muslimin dan muslimat Jama’ah tarwih yang sama berbahagia,

Tahun ini, kita masih akan melaksanakan rangkaian ibadah Ramadhan dalam suasana pandemic Covid-19. Dengan demikian, marilah kita laksanakan rangkaian ibadah Ramadan tahun ini dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, sekaitan dengan penerapan protokol kesehatan diantaranya;

  1. Guna mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur tidak melakukan safari ramadhan tahun ini karena berisiko menimbulkan kerumunan.
  2. Kepada seluruh jamaah masjid/mushola, saya harapkan tetap menggunakan masker saat melakukan ibadah, dan sebisa mungkin membawa sajadah/mukena masing-masing;
  3. Kepada pengurus masjid agar menunjuk petugas khusus untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dengan menyediakan sarana tempat cuci tangan di pintu masuk masjid/mushala dan rutin melakukan penyemportan disinfektan di masjid/mushala secara berkala;
  4. Pelaksanaan pengajian/ ceramah/ tausiyah/ kultum ramadhan paling lama dengan durasi 15 (lima belas) menit;
  5. Para Mubaligh/ dai/ saya harapkan dapat berperan maksimal untuk ikut membantu pemerintah daerah dalam mengedukasi para jamaah agar senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi Covid-19 yang masih terus bertahap dilakukan Pemerintah Daerah.

Kaum muslimin dan muslimat Jama’ah tarwih yang sama berbahagia,

Sejalan dengan momentum ramadhan ini, saya mengajak kita semua kembali menyatu. Merajut ukhuwah  yang sempat renggang karena perbedaan pilihan. Pilkada telah selesai dan kita semua telah ikut berpartisipasi menyalurkan hak politik kita masing-masing. Untuk selanjutnya, marilah kita satukan tekad dan langkah kita bersama dalam mengawal seluruh agenda pembangunan yang telah direncanakan.

Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan bulan Ramadhan tahun ini agar lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, seraya kita tinggalkan semua perbuatan yang bisa membuat ibadah puasa kita tidak diterima oleh Allah SWT. Kita perlu juga meningkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa, serta terlibat aktif dalam kegiatan mensyiarkan Islam di bulan suci Ramadhan.

        Kepada seluruh aparatur pemerintah, saya perlu ingatkan bahwa ibadah puasa jangan dijadikan sebagai alasan mengurangi produktivitas kerja, tapi jadikanlah ibadah puasa  sebagai motivasi untuk meningkatkan produktifitas, karena setiap amal baik yang kita laksanakan dan didasari niat tulus dan ikhlas, maka Allah SWT akan membalasnya dengan pahala berlipatganda.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia,

Demikian yang dapat saya sampaikan menyambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriah ini. Atas nama pribadi dan keluarga beserta segenap Pemerintah Daerah menyampaikan permohonan maaf lahir dan  bathin kepada seluruh masyarakat Luwu Timur di manapun berada.

Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1442 Hijriyah, semoga Allah SWT menerima seluruh ibadah dan amal kebajikan kita.

 

Wabillahi Taufik Wal Hidayah;

Wassalāmu ’alaikum Wr. Wb.;

 

Malili, 01 Ramadhan 1442 H.

      12 April 2021 M. 

 

  BUPATI LUWU TIMUR,

Drs. H. BUDIMAN, M.Pd

 

 

 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

assessment Statistik Desa

folder Arsip Artikel


share Sinergi Program

insert_photo Galeri Foto

account_circle Aparatur Desa

message Komentar Terkini

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jalan Bunga Pute Dusun Ladoping
Desa : Lakawali Pantai
Kecamatan : Malili
Kabupaten : Luwu Timur
Kodepos : 92981
Telepon : 082255034411
Email : admin@lakawalipantai.desa.id

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:58
Kemarin:35
Total Pengunjung:9.327
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.50.201
Browser:Tidak ditemukan
  • A.WAHYUDDIN.S

    Kepala Desa

  • ABDUL KADIR IBRAHIM

    Sekretaris Desa

  • ARMAN,S.Pd

    Kasi Pemerintahan

  • WAHYUTI,S.Hut

    Kasi Kesejahteraan Masyarakat

  • RAHAYU JUFRI,S.Sos

    Kasi Pelayanan

  • HASNIRA

    Kaur Umum & TU

  • RUDIYANTO

    Kaur Perencanaan

  • MULIYANI

    Kaur Keuangan

  • NASYAHRUDDIN

    Kepala Dusun Ladoping

  • SARIFUDDING

    Kepala Dusun Poreang

settings Pengaturan Layar

fingerprint

58 views

Pengunjung Hari Ini

165.71 %
Kemarin 35 views

router OpenSID 21.03-pasca

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Lakawali Pantai